Rabu, 24 November 2010

Jovo Hadir Kembali


Pada latihan Persib sore hari ini, para bobotoh yang menonton langsung ke lapangan Brigif Cimahi dikejutkan oleh hadirnya kembali Jovo Cuckovic mendampingi Hilton Moreira dkk. Sebelum diputuskan penggantinya, kemungkinan Jovo masih akan dipercaya untuk memimpin latihan Persib. Padahal sehari sebelumnya manajer H Umuh Muhtar menyatakan bahwa Jovo diistirahatkan setelah dinyatakan akan diganti posisinya oleh pelatih baru.
Jovo Cuckovic Persib Bandung
Namun ternyata setelah kemarin dan latihan fisik pagi ini di Batununggal pelatih asal Serbia ini tidak tampak, siang ini Jovo dijemput oleh sekretaris tim, Yudiana untuk kembali memimpin latihan Persib.
“Saya tidak tahu siapa yang memerintahkan, namun saya tadi dijemput Yudiana. Saya hanya menjalankan instruksi, jika saya diperintahkan untuk pergi (latihan), saya pergi, jika tinggal (di penginapan), saya tinggal. Kalaupun saya disuruh hengkang, saya akan pergi,” ungkap Jovo.
Yudiana sendiri mengatakan bahwa ia diinstruksikan oleh manajer H Umuh muhtar untuk menjemput Jovo. Sementara itu H Umuh Muhtar sendiri saat ini sedang berada di Surabaya.
Pada latihan sore, materi latihan masih menitik beratkan kepada latihan teknik dan taktik. Pada latihan teknik Jovo masih menerapkan pada pola passing, crossing, lalu heading yang selalu diulang. Berikutnya masuk ke latihan taktik dimana tim dibagi dua kemudian mereka memainkan game kecil setengah lapang.
Sesuai dengan karakternya, beberapa kali Jovo terlihat berteriak seperti marah kepada para pemain. Namun ketika ditanya kepadanya, Jovo mengelak jika dikatakan bahwa dirinya marah. “Tidak marah, ini, saya senyum kan?” elaknya.
Dirinya lalu tidak memungkiri jika anak asuhnya memang masih harus diingatkan karena pada umumnya masih terlalu banyak kesalahan yang dibuat. Lebih rinci, pelatih berusia 61 tahun ini menyoroti tentang konsentrasi pemain dalam melakukan crossing, pergerakan dan heading.
Seperti ketika Persib bertandang ke Jakarta dan Sidoarjo, timnya dinilai Jovo masih bisa bermain bagus dalam 45 menit pertama dan bermain imbang 0-0. Namun pada babak kedua, konsentrasi para pemain malah menurun dan harus kebobolan banyak.
Lalu pada akhir-akhir latihan, hujan deras mengguyur kota Cimahi, sempat melanjutkan latihan sekitar 10 menit, akhirnya pada pukul 5 sore, latihan berakhir. “Memang waktunya saja yang sudah berakhir, bukan karena hujan,” jawab Jovo.
Sejak Persib menerapkan 2 kali latihan dalam satu hari, durasi latihannya pun mengalami perubahan. Lama waktu latihan tidak sepanjang jika latihan dilakukan sekali per harinya. Apalagi mengingat kondisi permukaan lapangan yang buruk membuat pelatih Jovo khawatir dengan kemungkinan pemainnya akan mengalami cedera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar